google-site-verification: google7105ea3515502ea1.html gumregut: Trik Membuat Sampul Majalah Dengan Photoshop

Wednesday, 18 February 2015

Trik Membuat Sampul Majalah Dengan Photoshop

Salah satu contoh cara membuat sampul majalah dengan menggunakan Photoshop. Memang tergantung dari kreatifitas kita untuk membuat gaya sampul majalah dengan menggunakan Photoshop yang bisa digunakan. Namun bagi yang belum profesional bis amencoba cara mudah membuat sampul majalah dengan menggunakan Photoshop berikut ini.
Membuat sampul majalah dengan menggunakan Photoshop

1 buka gambarnya, kemudian klik di kotak channels.


2 Tekan tombol ctrl, lalu klik di thumbnail RGB dengan tujuan untuk membuat seleksi gambar. Berikutnya klik icon Create New Channel dan akan muncul channel baru dengan nama Alpha 1.


3 Pastikan tetap channel Alpha 1 yang terpilih (aktif), kemudian tekan Shift + Backspace dan akan muncul kotak dialog Fill silakan pilih warna putih. Atau cara lain untuk membuka kotak fill adalah dengan klik menu edit > fill.



4 Masih di channel Alpha 1 tetap aktif, tekan Ctrl+Shift+I untuk membuat Invert hasil seleksi, (bisa juga melalui select > Inverse). Kemudian tekan Shift + Backspace kembali. kemudian pilih warna hitam.

5 Masi di channel Alpha 1, tekan Ctrl+Shift+I untuk membalikkan seleksi lagi. Lanjut lagi  tekan Shift+Backspace dan pada perintah Fill pilih warna putih. Anda bisa ulangi lagi langkah ini untuk hasil yang sesuai.


6 Jika sudah OK lalu tekan ctrl + D untuk menghapus seleksi. Sekali lagi tekan Shift+Backspace untuk membuka Fill dan pilih warna hitam dan ganti mode ke soft light.

7 Masih di channel alpha 1. Untuk membuat gambar untuk cover majalah menjadi lebih putih anda bisa pilih Filter > Distort > Diffuse Glow lalu atur nilainya. Bisa juga melalui curve.

8 Sekarang pindah ke kotak Panel Layer, lalu klik icon Create New Layer. Kemudian pindah/klik ke layer background, lalu ubah warnanya menjadi putih (edit > fill > white)

9 Pindah ke layer 1 (atas). Sekarang pilih Select > Load Selection. Atur pengaturannya: pada channels pilih alpha 1 lalu klik/centang di  invert dan new selection.



10 Langkah selanjutnya silakan isi bagian hasil seleksi dengan warna sesuai keinginan anda. Klik icon create a new fill or adjustment layer dan anda bisa pakai gradient atau solid color. Langkah selanjutnya tinggal menambah tulisan dan ornamen lain untuk mempercantik, layaknya sampul majalah.


Terima-kasih, selamat beraktivitas.

1 comment: